RSS

Konsep Dasar Keperawatan







DOROTHEA E. OREM 
Orem lahir di Baltimore dan lulus dari Providence Hospital School of  Nursing pada tahun 1930. Kemudian , ia  melanjutkan pendidikannya meraih gelar Bachelor of Science (BSc) dalam bidang pendidikan keperawatan pada 1933 , serta gelar Master of Science bidang pendidikan keperawatan tahun 1945 dari Universitas Katolik Amerika . Terakhir , ia mendpat gelar doktor kehormatan dari Georgetown University , Washington , D.C . pada tahun 1976 . Dengan latar  belakang pendidikan tinggi tersebut , Orem disebut sebagai ners teorist .
     Menurut Orem , asuhan keperawatan di lakukan dengan keyakinan bahwa setiap orang mempunyai kemampuan untuk merawat diri sendiri sehingga membantu individu dalam memenuhi kebutuhan hidup , memelihara kesehatan , mencapai kesehteraan . Teori Orem ini dikenal sebagai self – care deficit theory . Orem melabeli teorinya sebagai teori umum yang terdiri atas tiga teori terkait , yaitu teori self – care , teori self – care decifit , dan teori nursing system .

Teori Self – Care :

    Self – Care ( perawatan diri ) merupakan suatu kontribusi berkelanjutan orang dewasa bagi eksistensinya , kesehatannya , dan kesejateraannya . Self – Care ini menggambarkan dan menjelaskan manfaat perawatan diri guna mempertahankan hidup , kesehatan , dan kesejahteraannya . Jika dilakukan secara efektif ,  upaya perawatan diri dapat memberi kontribusi bagi integritas stuktural fungsi dan perkembangan manusia .
    Kebutuhan perawatan diri , menrut Orem , meliputi pemeliharaaan udara , air/cairan , makanan , proses eliminasi normal , keseimbangan antara aktivitas dan istirahat , keseimbangan antara solitud dan interaksi sosial , pencegahan bahaya bagi kehidupan , fungsi , dan kesehteraan manusia , serta upaya meningkatkan fungsi dan perkembangan individu dalam kelompok sosial sesuai dengan potensi , keterbatasan , dan keinginan untuk normal . Kebutuhan perawatan diri ini sifatnya umum bagi setiap manusia , berkaitan dengan proses kehidupan dan pemeliharaan integritas struktur dan fungsi manusia .
     Kemampuan individu untuk melakukan perawatan diri ( self – care agency ) merupakan kekuatan atau kemampuan individu yang berhubungan dengan perkiraan dan esensial operasi produksi untuk perawatan diri . Self – care agency ini di pengaruhi oleh usia , status perkembangan , pengalaman hidup , orientasi sosial – budaya , kesehatan , dan sumber daya yang tersedia .
     
 Di dalam teori self – care di sebutkan pula mengenai therapeutic self-care demand , yaitu totalitas aktivitas perawatan diri yang di lakukan untuk jangka waktu tertentu guna memenuhi kebutuhan perawatan diri dengan menggunakan metode yang valid . Perawatan diri sendiri memiliki beberapa prinsip . pertama , perawatan diri di atas . kedua , perawatan diri dilakukan sesuai dengan tahap tumbuh – kembang manusia . ketiga , perawatan diri dilakukan karena adanya masalah kesehatan atau penyakit dengan tujuan mencegah penyakit dan meningkatkan kesehatan .

TEORI SELF – CARE DECIFIT :

         Teori self –care decifit merupakan inti dari General Theory Of  Nursing yang menggambarkan dan menjelaskan mengapa manusia  dapat di bantu melalui ilmu keperawatan serta kapan keperawatan di perlukan . Defisit perawatan diri ini terjadi ketika seseorang tidak dapat memelihara diri mereka sendiri .
        Asuhan keperawatan diberikan pada saat kemampuan seseorang lebih kecil daripada kebutuhannya saat kemampuan seseorang setara dengan kebutuhannya tetapi kemungkinan terjadi penurunan kemampuan di kemudian hari yang tidak setara dengan peningkatan kebutuhan . Peran perawat dalam hal ini di butuhkan ketika seseorang memerlukan asuhan keperawatan karena ketidakmampuannya merawat diri .
       Bantuan yang diberikan perawat dapat dilakukan melalui beberapa metode , Ada 5 metode bantuan menurut Orem ,  yaitu bertindak atau  melakukan suatu tindakan untuk orang lain ( klien ) ; membimbing ; memberi dukungan fisik maupun psikis ; menciptakan lingkunganyang dapat meningkatkan  perkembangan personal dalam memenuhi kebutuhan saat ini dan yang akan datang ; dan terakhir mengajarkan .Oleh karena itu , untuk dapat memberi bantuan perawatan , diperlukan sebuah nursing agency . Nursing agency merupakan kemampuan khusus yang dimiliki perawat dalam memberikan perawatan kepada klien .
       Menurut Orem , cara kerja atau aktivitas perawat dalam menjalankan praktik keperawatan mecakup 5 area , yaitu membina dan memelihara hubungan terapeutik antara perawat dan klien , baik individu , keluarga maupun kelompok sampai klien mampu  merawat dirinya ; menentukan kapan seseorang membutuhkan bantuan atau dapat di bantu ; memerhatikan dan merespons permintaan , keinginan , dan kebutuha klien untuk mendapatkan bantuan perawat ; dan mengoordinasikan serta mengintegrasikan keperawatan bersama klien terkait dengan aktivitas sehari – hari , kehiduapan sosial , dan pendidikan .


TEORI  NURSING SYSTEM :

           Sistem keperawatan di bentuk ketika perawat menggunakan kemampuan mereka untuk menetapkan , merancang , dan memberi  kepada klien , baik individu maupun kelompok , melalui berbagai aksi . Teori nursing system  (sistem keperawatan ) membahas bagaimana kebutuhan perawatan diri klien dapat di penuhi oleh perawat , klien , atau keduanya . Sistem keperawatan ini di tentuaka atau di susun berdasarkan kebutuhan perawatan diri dan kemampuan klien untuk melakukan perawatan diri .
       Perawatan diri dilakukan dengan memerhatikan tingkat ketergantungan atau kebutuhan serta kemampuan klien . Oleh karena itu , ada 3 klasifikasi sistem keperawatan dalam perawatan diri . Pertama , wholly compensatory nursing system ; perawat memberi bantuan kepada klien karena tingkat ketergantungan klien yang tinggi . Kedua , partly compensatory nursing system ; perawat dan klien saling bekerja sama dalam melakukan tindakan keperawatan . Dalam hal ini , peran perawat tidak total tapi sebagian . Ketiga , supportive – educative dengan bantuan perawat ( supportive dan educative ) saat klien sudah mampu melakukannya .



  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar